Rabu, 14 Desember 2011

KOTA BARU INDONESIA

Bidik 24 Daerah

SEBANYAK 24 lokasi (daerah) yang tersebar di seluruh Indonesia akan dijadikan kota baru. Pemerintah melalui Kementerian Perumahan Rakyat pun telah melaksanakan kerja sama dengan berbagai pihak khususnya  pengembang untuk membangun kota-kota baru tersebut mengingat investasi yang dibutuhkan sangat besar."Pembangunan 24 kota baru tersebut dilakukan dengan mengacu rencana pengembangan enam Koridor Ekonomi Master Plan Percepatan dan Perluasan Pengembangan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang telah dicanangkan pemerintah beberapa waktu lalu," ungkap Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz dalam keterangan persnya, Rabu (7/12).

Menyikapi pesatnya perkembangan kota metropolitan dan kota besar yang sangat cepat, lanjutnya, akan berdampak pada penurunan kapasitas daya dukung kota. Di antaranya semakin luasnya permukiman kumuh, menurunnya kualitas lingkungan, munculnya potensi banjir serta kemacetan lalu lintas."Selain itu, pesatnya perkembangan kota juga membuat lahan untuk perumahan semakin langka dan harga lahan yang semakin lahan, sehingga mempersulit masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk memperoleh dan menempati rumah yang layak huni," tambahnya.

Untuk itu diperlukan upaya mengurangi tekanan perkembangan ke kota-kota yang telah padat dengan mengembangkan pusat-pusat permukiman baru di daerah pinggiran kota. “Pengembangan kota baru haruslah direncanakan dalam bentuk kota mandiri yaitu kota yang dilengkapi tempat untuk bekerja. Hal ini penting agar jumlah komuter dapat dikurangi dan tekanan perkembangan ke kota-kota utama juga berkurang,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar