Rabu, 18 Januari 2012

PERSIAPAN BILA BANJIR TIBA

Banjir
5 Siasat Lebih Siap Hadapi Banjir

KOMPAS.com - Penanganan rumah di kawasan rawan banjir memang berbeda. Banjir mungkin tak dapat dihindari, namun dengan memperhatikan hal-hal berikut ini ketika membangun, setidaknya Anda lebih siap menghadapi akibat banjir pada rumah Anda dan seisinya.
1. Pertinggi rumah dan bangunan
Bagi Anda yang tinggal di kawasan rawan banjir, Anda dapat meninggikan bangunan sesuai ketinggian air yang biasanya melanda kawasan tersebut. Alhasil, apabila banjir datang, air tak masuk ke dalam rumah.
2. Tingkat lebih baik
Membangun rumah dua lantai atau lebih akan lebih baik bagi rumah di daerah langganan banjir. Bila banjir datang, Anda dapat mengungsikan diri dan membawa barang-barang berharga Anda ke tempat atau ruangan lebih tinggi, yaitu di lantai atas.
Jangan khawatir jika tidak ada dana yang cukup untuk membangun ruangan di lantai tingkat. Anda cukup membuat dak tertutup guna menampung barang-barang berharga atau peralatan yang rentan rusak akibat terkena banjir.
3. Perluas area tangga
Ketika banjir datang, Anda pasti sibuk dan tergesa-gesa memindahkan barang-barang ke lantai atas. Untuk itu, tangga yang lebih luas dapat mempermudah Anda melakukan kegiatan tersebut, mulai memindahkan peralatan terkecil hingga furnitur-furnitur atau elektronik.
4. Pertinggi sakelar dan steker listrik
Air dan listrik memang dua elemen yang saling bertentangan sehingga tak jarang terjadi korsleting ketika banjir menyergap. Walaupun listrik mati ketika banjir, air yang menggenangi peralatan listrik, seperti steker dan sakelar, akan mudah rusak. 
Untuk menghindarinya, rumah di daerah rawan banjir sebaiknya memasang steker dan sakelar listrik di posisi lebih tinggi dari biasanya, yaitu sekitar 1, 2 meter sampai 1, 5 meter dari permukaan lantai.
5. Saluran buka-tutup
Saat banjir datang, air tak hanya masuk melalui pintu rumah, melainkan juga lewat saluran air, seperti di kamar mandi. Untuk itulah, menggunakan saluran air yang dapat ditutup rapat akan lebih berguna karena bisa menghambat masuknya air. Anda pun dapat lebih dulu menyelamatkan barang-barang sebelum banjir benar-benar "menguasai" rumah Anda.
Selain itu, ada penutup saluran air juga bisa membantu Anda mencegah sampah yang terbawa masuk saat banjir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar