Jumat, 05 Agustus 2011

KABUPATEN/KOTA KINERJA TERBAIK 2009

Warta
WASPADA ONLINE
(Istimewa) BOGOR - Pemerintah menetapkan 23 daerah yang terdiri dari 3 provinsi, 10 kabupaten, dan 10 kota sebagai daerah dengan kinerja terbaik secara nasional, sesuai hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah (EKPPD) 2009.
Pengumuman 23 daerah berkinerja terbaik ini dilaksanakandalam peringatan Hari Otonomi Daerah XV yang berlangsung di halaman Balai Kota Bogor, hari ini,dihadiri oleh Wakil Presiden Boediono, Mendagri Gamawan Fauzi, dan sejumlah gubernur, serta bupati dan wali kota.
Tiga provinsi yang mendapat peringkat tertinggi secara nasional sesuai hasil evaluasi kinerja, berturut-turut yaitu Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Jawa Tengah.
Kemudian 10 kabupaten dengan peringkat tertinggi secara nasional yakni Jombang, Bojonegoro, Sragen, Pacitan, Boalemo, Enrekang, Buleleng, LuwuUtara, Karanganyar, dan Kulonprogo.
Sedangkan 10 kota dengan peringkat kinerja terbaik yakni Surakarta, Semarang, Banjar, Yogyakarya, Cimahi, Sawahlunto, Probolinggo, Mojokerto, Sukabumi,dan Bogor.
Dalam kesempatan tersebut, Gamawan sekaligus menyerahkan Keputusan Mendagri tentang hasilpemeringkatan tersebut kepada gubernur, bupati, dan wali kota yang bersangkutan.
Sementara itu, Wakil Presiden Boediono menyampaikan apresiasinya terhadap pemerintahdaerah yang berhasil memperoleh peringkat terbaik dalam kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerahnya.
"Selamat pada tiga gubernur, 10 bupati, dan 10 wali kota. Ini adalah suatu pengakuan dari kinerja dari bapak dan ibu sekalian dalam melayani masyarakat," katanya.
Wapres menuturkan penghargaanterhadap daerah yang berprestasi ini sangat penting. Untuk itu, Wapres meminta agar evaluasi dan pemeringkatan ini dilakukan terus setiap tahunnya, semakin dipertajam, dan ditingkatkan gaungnya.
Dalam kesempatan tersebut, Wapres juga menyinggung tentang insentif yang bisa didapatkan daerah karena prestasinya. Ia meminta Mendagri dan Menteri Keuangan untuk memikirkan kemungkinan adanya insentif bagi daerah tersebut.
Sementara, untuk daerah yang belum berprestasi, Wapres meminta agar daerah-daerah tersebut terus didorong untuk menjadi lebih baik dan mengukir prestasi.
Editor : HARLES SILITONGA
waspada.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar