Rabu, 09 November 2011

KOTA MAJA INDUSTRI BARU DI BANTEN

lambang kota serang

Maja diusulkan jadi kota pendidikan dan industri

Bisnis Indonesia. JAKARTA: Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) mengusulkan agar Kota Kekerabatan Maja dapat menjadi kota pendidikan dan industri baru yang bisa menopang perkembangan ibukota Jakarta.

Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz mengatakan pemerintah juga terus mendorong para pengembang dan menggandeng investor dari luar negeri untuk membangun perkantoran, pusat teknologi informasi, dan daerah wisata sehingga kota baru tersebut bisa menjadi kota mandiri.

“Kota Maja ke depan bisa dikembangkan menjadi kota pendidikan dan industri teknologi tinggi. Selain itu, kami juga berharap di daerah itu bisa dibangun pusat IT, perkantoran, tempat wisata dan perumahan bagi masyarakat yang memiliki konsep kota hijau sehingga bisa menjadi kota yang mandiri,” kata Djan seperti dikutip dalam rilis yang diterima Bisnis, siang ini.

Djan menuturkan Kota Kekerabatan Maja dapat menjadi alternatif pusat pendidikan karena saat ini tempat pendidikan di sekitar Jakarta lokasinya tersebar. Selain itu, adanya industri teknologi tinggi juga berkaitan sehingga perkembangannya bisa lebih teratur.

Dia menjelaskan pemerintah juga membuka kesempatan bagi para investor untuk membangun pusat hiburan seperti Disneyland, kawasan perkantoran, serta pusat IT sehingga kawasan itu bisa lebih cepat berkembang.

“Saat ini masyarakat yang tinggal di Jawa Barat harus ke Jakarta kalau ingin mencari tempat-tempat hiburan seperti ke Ancol. Mengapa tidak bangun juga pusat hiburan dan perkantoran serta kawasan perumahan sehingga mereka yang tinggal di Kota Maja tidak perlu jauh-jauh jika ingin mencari tempat hiburan dan lebih dekat dengan tempat kerjanya,” imbuhnya.

Djan menambahkan pengembangan Kota Maja nantinya harus tetap memiliki konsep hijau sehingga kota tersebut menjadi nyaman untuk dihuni. Tanaka, Perwakilan Metropolitan Priority Area (MPA) JICA dari Jepang mengatakan pihaknya akan berusaha membantu Kemenpera dalam pengembangan Kota Kekerabatan Maja tersebut.

Saat ini, lanjut dia, pihaknya sedang mengkaji mengenai tata ruang daerah tersebut sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan perencanaan pembangunan kota baru tersebut. “Kami sedang melakukan kajian terkait peruntukan lahan Kota Kekerabatan Maja tersebut. Pekan depan kami siap melakukan presentasi mengenai hasil kajian ini di Kemenpera,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar