Rabu, 09 November 2011

TARGET WAPRES BOEDIONO

Enam Target Kebersihan Wakil Presiden Boediono 

TEMPO Interaktif
, Jakarta - Wakil Presiden Boediono membuat enam target gerakan kebersihan nasional. Keenam target Boediono itu adalah pertama, kebersihan sarana perhubungan, seperti kereta api, bandara, pelabuhan, dan terminal.

Kedua, pembersihan sungai di kota-kota besar, di mana program harus bergulir dari satu kota ke kota lain. “Peran pemerintah daerah jelas sangat krusial dalam domain ini,” kata dia.

Ketiga yaitu kebersihan sekolah. Boediono menilai kebersihan sekolah sangat mutlak karena memberikan dampak ganda (multiplier effect) yang sangat besar. Sebab, kebersihan sekolah menyangkut sikap mental anak-anak yang akan terbawa terus hingga dewasa. "Ini menjadi fokus yang kita garap benar-benar, jangan menunggu terlalu lama," kata dia.

Keempat, sarana kesehatan, di mana Wapres meminta Menteri Kesehatan merumuskan langkah-langkah terperinci untuk memperbaiki standar kebersihan di semua sarana kesehatan di Tanah Air.

Kelima, pengelolaan limbah cair dan sampah padat di kota besar atau waste management. Indonesia harus memiliki sistem pengelolaan limbah dan sampah yang sustainable di setiap kota. Pemerintah juga mempelajari waste management yang sudah berhasil di beberapa kota dan jika mungkin menerapkannya di kota-kota lain. "Kami akan memilih beberapa kota sebagai sasaran pertama," kata Boediono.

Keenam, perubahan pola pikir. Ini mencakup sistem pendidikan, peningkatan partisipasi masyarakat, penegakan hukum, dan berbagai upaya edukasi publik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar