Kamis, 01 Desember 2011

PAMERAN BANGUNAN HIJAU

GBCI siapkan konferensi & pameran bangunan hijau
Bisnis Indonesia. JAKARTA: Green Building Council Indonesia (GBCI) akan menggelar GreenRight Conference & Expo "Adapt to Sustain" pada April 2012 menyusul tingginya kesadaran berbagai pihak dan masyarakat akan pengaruh global warming terhadap kelestarian bumi pada beberapa tahun belakangan ini.

Naning Adiwoso, Chairperson GBCI mengatakan pada acara tersebut pihaknya akan memperlihatkan informasi secara menyeluruh tentang bangunan berkonsep hijau. "Harapan ke depan konsep greenship ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pengembang tetapi juga masyarakat dalam merencanakan bangunan tempat tinggalnya. Tentu, ini membutuhkan kepeduliaan yang tinggi seluruh pihak untuk terus melestarikan bumi agar layak menjadi hunian bagi generasi di masa datang," kata Naning seperti dikutip dalam release yang diterima Bisnis, hari ini.

Naning menuturkan ajang pameran dan seminar yang bertajuk GreenRight dimaksudkan untuk mengedukasi masyarakat mewujudkan kepedulian akan planet ini yang merupakan hak bagi setiap orang’.

Dengan kata lain, lanjutnya aksi berhemat lahan, hemat energi, hemat air, hemat material serta upaya menyehatkan udara dalam ruang itu semua, seharusnya dilakukan oleh pemilik, perencana dan pelaksana bangunan serta penghuninya bukan karena kewajiban tapi karena memang itulah hak seseorang untuk turut menyelamatkan planet bumi ini.

Menurutnya dalam menyebarkan edukasi terhadap bangunan berkonsep hijau, GBCI telah bekerjasama dengan pemerintah untuk turut berpartisipasi dalam pembuatan kebijakan-kebijakan serta mendukung program pemerintah berkaitan dengan green building.

Adapun, kata Naning, terdapat 6 aspek kategori greenship yakni penataan dan penggunaan lahan yang berkelanjutan; penghematan dan diversifikasi sumber daya energi; konservasi sumber daya air untuk menjamin keberlanjutan penyediaan air bersih. Kemudian pemilihan material yang memiliki daur hidup ramah lingkungan; peningkatan kesehatan dan kenyamanan dalam ruang yang sehat dan nyaman; dan pengelolaan sistem bangunan yang mendukung keberlanjutan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar